Jagung Rusak, Rugi Jutaan

PANEKAN- Angin ribut yang melanda sejumlah kawasan Magetan pekan lalu, terus menuai dampak. Kali ini, giliran petani jagung di Kelurahan/Kecamatan Panekan, Magetan yang harus ‘buntung’ pasalnya, belasan hektare lahan di wilayah itu rusak parah diterjang angin ribut. Lahan jagung milik Gumbrek, salah satu yang terparah. Tanaman jagung usia 90 hari milik warga RT 07/ RW 01 Panekan itu roboh dan daunnya patah. “Sudah tidak ada harapan lagi untuk panen. Padahal kalau dari hitung-hitungan, 15 hari lagi bisa panen,” kata Gumbrek, kemarin (30/1).

Dia menuturkan, kejadian itu merupakan kali pertama sejak selama ini. Angin ribut pekan lalu diakuinya cukup dahsyat. “Biasanya hasil panen bisa mencapai lebih dari empat ton. Tapi saat ini satu ton saja mungkin susah. Karena pohon yang ambruk ini berat buahnya pesti menyusut,” terangnya.

Ladang jagung Budiman, warga Panekan lainnya, juga rusak. “Sebenarnya jagung saya ini sudah hampir panen. Usianya sudah tiga bulan. Ya dengan kejadian ini, tentu kerugiannya jutaan,” keluh Budi.

Sementara, hingga kini Pemkab Magetan belum mampu menaksir kerugian maupun mengalokasikan bantuan skala besar. “Untuk proses awal, kami masih upayakan bantuan seperti sembako dan pembersihan puing-puing. Secara finansial, kami masih menghimpun data,” kata Bupati Magetan H Sumantri.

Sumantri mengatakan, bukan urusan mudah untuk segera mengalokasikan anggaran tersebut. “Tentu kami juga harus melihat dulu berapa kemampuan Pemkab Magetan,” tegasnya. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: