Sensasi Beda Soto Kikil tanpa Santan

NGARIBOYO- Soto kikil sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Magetan. Namun, berbeda jika soto kikil tanpa menggunakan santan. Menu tersebut ada di salah satunya warung soto kikil di Dusun Dakutah, Desa Sumberdukun, Ngariboyo yang diklaim merupakan makanan khas desa tersebut. “Kalau pakai santan rasanya eneg dan berpengaruh pada kolesterol,” kata Riski Anggara, salah seorang pengunjung, kemarin (29/1)

Pemuda 22 tahun ini mengaku sudah setahun terakhir ini menjadi penikmat kuliner kenyal kenyil itu. Menurutnya, bumbu yang khas ditambah hidangan soto yang disuguhkan saat masih hangat memberi sensasi tersendiri. Dan sebagai penutup, segelas air jeruk hangat bisa sebagai penawar koleterol agar tetp stabil. “Kombinasi yang klop dan saya tidak pernah bermasalah dengan kolesterol. Semua baik-baik saja,” ungkapnya.

Cukup dengan uang Rp 11 ribu, pengunjung warung ini bisa menikmati satu porsi soto kikil dengan menggunakan lontong dan segelas es maupun jeruk hangat. Harga yang relatif murah itu membuat pengunjunga memenuhi warung lesehan tersebut. “Paling pas menikmatinya saat jam istirahat kantor,” terangnya.

Eny Setyowati, pemilik warung soto kikil itu menuturkan, setidaknya dalam sehari dia bisa memasak dua panci besar soto kikil. Dan dalam sehari masakan Eny tersebut ludes. Diakuinya soto buatannya tidak menggunakan santan.

Rasa kental yang ada di soto itu karena sering dihangatkan di atas tungku panas, sehingga kaldu dari sum sum tulang kaki sapi itu mengental dengan sendirinya. “kentalnya itu murni karena kaldu, tidak hanya kaki sapi, kaki kambing pun juga begitu,” terangnya. (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: