Rekrutmen Polwan Sepi Peminat

KOTA– Minat wanita di Magetan untuk menjadi anggota polisi ternyata minim. Buktinya, dari jumlah pendaftaran calon Brigadir Polisi tahun 2012 di Mapolres Magetan hingga penutupan pendaftaran pada (28/1) hanya diikuti delapan orang. Dari jumlah tersebut tiga diantaranya tidak lolos seleksi awal karena tinggi badannya dibawah 160 sentimeter.

“Dari delapan pendaftar yang maju seleksi selanjutnya hanya lima orang,” kata kabag Humas Polres Magetan, AKP Puryono, kemarin (29/1).

Dijelaskan, minimnya kuota untuk menjadi polisi wanita (polwan) itu membuat sejumlah kaum hawa pesimistis. Ini untuk seleksi di tingkat Jatim maksimal 25 orang yang bakal diterima. Sedangkan pendaftar jika diakumulasikan dari 37 kabupaten/kota di Jatim jumlahnya lebih besar. Disamping itu, persyaratan yang cukup rumit untuk dipenuhi juga menjadi faktor utama.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan jumlah pendaftar untuk Polki (polisi laki-laki) yang cukup banyak. Dari 92 pendaftar hanya enam yang tidak bisa melanjutkan ke seleksi selanjutnya. Salah seorang diantaranya gagal memenuhi persyaratan administrasi. Persyaratan yang harus dipenuhi seperti ijazah baik SMA sederajat, D-III, S-I, SKCK dan surat izin orang tua bagi yang belum genap berusia 19 tahun. “sedangkan lima pendaftar lain tinggi badannya kurang dari 163 sentimeter,” tambahnya.

Menurutnya animo masyarakat khususnya laki-laki untuk menjadi anggota polisi masih tinggi. Itu karena tahun lalu tidak dibuka perekrutan. Menurutnya, perekrutan tahun lalu lebih ketat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain menggandeng Dinas Pendidikan (Dindik) untuk mengecek legalitas ijazah pendaftar, juga menggandeng LSM dan pengawas internal. “Yang menentukan kelulusan Pantukirpus (panitia penentuan akhir pusat, Red),” terangnya.

Menurutnya, peserta tahun ini bisa melakukan komplain jika nilainya tidak sesuai. Ini karena saat mengerjakan soal dan scaner jawaban juga diketahui oleh peserta. “password-nya panitia tidak tahu, karena langsung ditelepon ke peserta ujian,” urainya. (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: