Minta Camat Siaga dan Tanggap

MENYIKAPI bencana di berbagai wilayah Magetan seharian kemarin, Bepati Magetan H Sumantri langsung menginstruksikan seluruh camat berikut pimpinan SKPD siaga tanggap. Pun, sejumlah fasilitas disiapkan untuk mengantisipasi adanya bencana susulan.

Selain menyiagakan jajarannya, Sumantri juga mengimbau warga untuk dekat-dekat dengan pohon besar saat cuaca tidak bersahabat. “Kami tekankan bagaimana pentingnya mewaspadai bencana. Memang ini bukan hal mudah, tetapi kami berharap seluruh masyarakat bisa mengantisipasi hal-hal yang berpotensi bencana,” kata Sumantri kemarin (25/1)

Melihat dampak bencana yang cukup parah dan titiknya tersebar, bupati menilai siaga bencana sejak dini sangat perlu dilakukan. “Kami ikut prihatin (atas bencana itu, Red,” ujar Sumantri yang kemarin ikut memantau langsung di lapangan.

Sementara, dilingkup kecamatan, jajaran birokrasi bersama muspika setempat langsung melakukan koordinasi untuk sepakat bertindak antisipatif tanggap bencana. “Kami lakukan sejumlah upaya, baik pra maupun pasca bencana,” kata Camat Poncol Chanif  Tri Wahyudi.

Langkah riil yang dilakukan adalah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk sadar lingkungan. Selain itu menanam bibit tanaman keras seperti jati sebagai upaya penahan tanah longsor.

Untuk tindakan pasca bencana, kata Chanif, pihaknya berupaya proaktif segera turun ke lapangan meninjau korban. “Kami juga merangkul warga setempat untuk melakukan gotong royong. Tentu nya kami bantu bersama jajaran muspika,” tegasnya.

Tak hanya itu, aparat Polres Magetan juga bersiaga. Kapolres AKBP Agus Santosa yang kemarin ikut mengevakuasi sejumlah pohon tumbang mengimbau kepada warga untuk berhati-hati saat melintas di jalan yang banyak pohon dan berpotensi roboh. “Anomali cuaca ini tentu membawa dampak serius. Kami berharap masyarakat lebih waspada. Apalagi, saat ini juga seringkali terjadi kecelakaan lantaran tertimpa pohon,” tutur Kapolres (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: