Optimistis Masih Prospektif

KAWEDANAN – Menjamurnya lembaga keuangan di Magetan, tampaknya bukan hal baru. Hal itu seolah menimbulkan dampak persaingan bisnis yang cukup tinggi bagi pelaku lembaga ekonomi tersebut. Apalagi, hal itu juga diimbangi dengan daya konsumsi masyarakat dan gaya hidup yang cenderung meningkat.

Persaingan itu yang saat ini tampaknya menjadi ancaman bagi beberapa lembaga keuangan utamanya di Magetan. Seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) misalnya. Bidikan tingkat persaingan justru dengan lembaga keuangan mikro maupun bank konvensional. ‘’Kami sadar betul jika lembaga keuangan mikro sudah mulai menjamur. Bahkan sudah merambah hingga tingkat kecamatan maupun desa,’’ terang Sujatno, direktur utama BPR Eka Dharma Kawedanan, kemarin (24/1).

Menurutnya, strategi pengembangan sumberdaya manusia menjadi hal utama untuk menghadapi persaingan itu. Pasalnya, dari tataran SDM itu, penguatan pengelolaa perusahaan mampu terbangun. ‘’Sejauh pandangan saya, banyak BPR terjerumus dalam kondisi kurang sehat karena memiliki kelemahan dalam hal manajerial perusahaan,’’ terangnya.

Selain peningkatan SDM, siasat yang perlu dilakukan pada 2012 kali ini adalah fokus pada usaha mikro dengan memberikan pelayanan atau persyaratan mudah. Termasuk prosedur simpel nan mudah bagi nasabah maupun calon nasabah. ‘’Kami juga berencana menambah kantor kas baru di wilayah lain. Tentunya kami gunakan sistem online antarkantor kas. Hal itu semata-mata untuk mengikis tingkat persaingan antar lembaga keuangan yang ada,’’ tegasnya.

Pria yang juga pembina SSB Eka Dharma Kawedanan ini juga berencana menambah enam kantor kas di Magetan dan satu kantor cabang di Ponorogo. Sebuah solusi klasik bagi pelaku BPR untuk ‘menggaet’ hati nasabahnya. Itu sekaligus menambah daftar kantor cabangnya yang semula hanya ada di Kabupaten Madiun dan Nganjuk. ‘’Dengan tingkat kebutuhan hidup masyarakat yang tinggi, lembaga keuangan mikro seperti BPR itu seakan menjadi salah satu solusi. Namun, keberadaannya kini sudah mulai menjamur. Ya memang harus pintar-pintar atur strategi,’’ tukas Sujatno. (erv/wka)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: