Pesta Ganja, Digerebek Polisi

Pelaku Diduga Anggota Jaringan Antarkabupaten

KARANGREJO- Niat Karyoso, 27, pesta miras dan narkoba buyar di tengah jalan. sebab, belum sampai pesta usai, pengamen jalanan asal Desa Botok, Kecamatan Karangrejo, ini keburu dibekuk petugas Satuan Resnarkoba Polres Magetan.

Karyoso diringkus dalam penggrebekan di sekitar Pasar Karangrejo, Dusun Gandu, Kelurahan/Kecamatan Karangrejo. saat digeledah, aparat menemukan tiga paket ganja kering yang terbungkus kertas koran di dalam dompet tersangka. Masing-masing seberat 0,69 gram, 0,97 gram, dan 0,93 gram.

“Saat penggerebekan, kami amankan pulsa sisa miras. Kemungkinan saat pesta itu, pelaku selain menikmati ganja, juga menenggak miras,” kata Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa dikonfirmasi melalui Kasat Resnarkoba AKP Ruwajianto, kemarin (20/1).

Menurut Ruwajianto, penangkapan tersangka berawal dari informasi masyarakat. Diduga, pelaku merupakan anggota jaringan pengedar narkoba jenis ganja antarkabupaten. “selain pemakai, pelaku diduga kuat juga sebagai kurir. Barang ini didapat dari rekannya di luar Magetan,” terang Ruwajianto.

Namun, lanjut dia, wilayah edar ganja Karyoso tersebut masih terbatas. Dia menduga komunikasi dibangun oleh pengamen dan pengguna di Magetan kawasan timur. “Kami saat ini juga masih mengincar jaringannya. Termasuk menahan ruang geraknya, supaya tidak sampai meluas ke kalangan pelajar,” tegasnya.

Atas perbuatan menggunakan sekaligus dugaan mengedarkan ganja itu, Karyoso dijerat dengan pasal 111 ayat (1) subsidair pasal 127 ayat (1) huruf AUU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya pidana penjara masimal empat tahun.

Sementara, Karyoso berkilah barang haram itu sebatas dikonsumsi sendiri. Dia mengungkapkan awal didapatnya ganja tersebut dari komunikasi sesama pengamen bus antarkota. “Saya baru pertama kali mengonsumsi ganja. Itu saja saya dapatnya gratis. Hanya dikasih teman saya,” terang Karyoso.

Cara mengonsumsi, kata tersangka, dipadukan dengan rokok kretek. Dia juga tak menampik saat ngganja itu sambil menenggak miras jenis arak jowo. “Itu hanya saya konsumsi sendiri. Belum sempat saya jual,” akunya. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: