Kenalkan Candi Sadon Lewat Jepretan

PANEKAN- Kawasan Candi Sadon di Desa Cepoko, Panekan, Magetan kemarin (15/1) mendadak ramai. Tiga wanita cantik dengan busana ala dayang berlenggak-lenggok bak model. Dengan sedikit arahan, mereka berpose di depan bidikan beberapa fotografer.

Ya, itulah seklumit adegan dalam sebuah kegiatan yang digelar Magetan Photography Community (MPC). Dengan mengusung tiga model Aprillia Ika, Novita Rahmawati dan Rani Rafika para photografer ini menyuguhkannya jepretan karya seni bernilai tinggi. “Tema yang kami usung yakni mengenai keterpurukan,” kata Sofyan Zainuddin, ketua MPC kepada Radar Magetan, kemarin (15/1).

Dijelaskan, kegiatan itu merupakan wujud kepeduliannya MPC terhadap Magetan dan budayanya. Ini karena selain keindahan Telaga Sarangan, Magetan memiliki potensi budaya yang belum banyak diketahui masyarakat secara umum. Dipilihnya Candi Sadon, karena candi tersebut memiliki karakteristik dan keunikan, dibandingkan situs lain yang asa di Magetan.

Seperti petilasan Dewi Sri di Takeran, dan petilasan di lereng Gunung Lawu. “Di Candi Sadon, ada arca yang bentuknya menyerupai reyog,” terang pria 43 tahun ini.

Acara jeprat jepret tersebut sejatinya merupakan kegiatan intern MPC. Namun, sejumlah fotografer luar daerah seperti Ngawi juga hadir. “Tidak hanya dari sedi budaya, kami juga ingin berfoto di pasar tradisional, agar masyarakat lebih peduli,” tambah pria yang akrab disapa Romo ini.

Dari jumlah fotografer yang hadir kemarin, terdapat satu fotografer cilik yang ikut. Adhinda Khaerani Suryadewi bocah tujuh tahun ini terlihat lihai memainkan kameranya untuk mengambil momen dari ketiga model tersebut. (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: