Bupati Serahkan Gelontoran Bantuan dari Kemensos

MAGETAN – Bupati Magetan H Sumantri, serahkan bantuan dari Kementerian Sosial RI, di pendapa Surya Graha, kemarin (12/1). Bantuan sebesar Rp 1 miliar itu diberikan kepada 40 kelompok yang masing-masing menerima Rp 25 juta. Bantuan itu terdiri atas bantuan langsung Lembaga Keuangan Mikro Kelompok Usaha Bersama (Kube) untuk sepuluh kelompok di Kelurahan Kraton, Kecamatan Maospati. Serta lima kelompok di Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan.

Diberikan pula bantuan modal Kube Fakir Miskin Perkotaan sebesar Rp 750 juta untuk 30 Kube di Kecamatan Kota. Yakni 10 kelompok kerajinan kulit dan makanan olahan di Kelurahan Magetan, dan 15 kelompok di Kelurahan Selosari, serta lima kelompok industri lempeng di Kelurahan Sukowinangun.

Bupati mengimbau kepada seluruh instansi terkait untuk mengadakan monitoring dan pembinaan rutin berkelanjutan. Dengan harapan mampu mengetahui perkembangan kemajuan dari bantuan itu. ‘’Begitu pula kepada Kelompok Usaha Bersama, saya berharap bantuan yang diberikan itu dapat dikelola dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Sehingga bisa tepat guna dan tepat sasaran,’’ ucap bupati Sumantri.

Usai menyerahkan bantuan, bupati meresmikan program pemberdayaan pengangguran padat karya infrastruktur dan produktif di Desa Turi, Kecamatan Panekan senilai Rp 789.04 juta. Yang terdiri dari padat karya infrastruktur penelasahan jalan di dua lokasi sebesar Rp 272 juta dan padat karya produktif sebesar Rp 517,04 juta.

Padat karya infrastruktur di Desa Turi, penelasahan jalan desa sepanjang 800 meter dan lebar tiga meter. Dengan penyerapan tenaga kerja 88 orang selama 24 hari dengan biaya Rp 136 juta. Sedangkan kegiatan sama di Desa Tapen, Kecamatan Lembeyan sepanjang 900 meter dan lebar 2,5 meter juga mampu menyerap tenaga kerja 88 orang dengan biaya Rp 136 juta.

Sedangkan Padat Karya Produktif di Desa Kledokan, Kecamatan Bendo berupa pembuatan kandang ayam kapasitas 3000 ekor dengan biaya Rp 160 juta. Di Desa Kerik, Kecamatan Takeran dan Desa Lembeyan Wetan, Kecamatan Lembeyan berupa kegiatan pembuatan kandang kambing untuk 55 ekor yang mampu menyerap tenaga kerja 55 orang, masing-masing dengan biaya Rp. 178,52 juta. (erv/adv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: