Sehari 200 Ekor Ayam Habis

KARANGREJO – Musim libur sekolah yang bersamaan dengan Natal dan Tahun Baru lalu membawa berkah bagi pengusaha ayam panggang di sentra industri ayam panggang Desa Gandu Karangrejo. Pasalnya,  musim liburan kali rata-rata produksinya dua kali lipat dibandingkan hari biasa. “Selama liburan lalu, sehari habis 200 ekor ayam,” kata Mamik, salah seorang pengusaha ayam panggang.

Perempuan yang akrab disapa Bu Setu ini, menuturkan, kenaikan produksinya itu telah dirasakan sejak dua pekan lalu. Biasanya dia menyembelih 150 ekor ayam perhari. Namun, karena siang hari 150 ekor ayam itu telah habis. Dia mengaku sempat kewalahan, meski memiliki delapan karyawan untuk membantu kelancaran usahanya itu. “Kalau nggak banyak bature (pegawainya), yo kesel banyak pembeli sampai malam,” ungkapnya.

Ibu dua anak itu menuturkan, tidak hanya wisatawan lokal yang nyanggong di warungnya. Namun wisatawan luar daerah yang berkunjung ke Sarangan juga membawa berkah tersendiri bagi usaha yang dirintis sejak 1990 an. Mayoritas dari mereka membeli dengan cara dibungkus sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. “Biasanya ke Sarangan, sekalian mampir ke sini,” ungkapnya.

Ayam yang dipilih untuk bahan bau harus berusia muda. Yakni belum pernah bertelur untuk ayam betina dan jantan yang belum berkokok. Ini lanjutnya, untuk menikmati sensasi rasa yang berbeda. Selain dagingnya empuk, tulangnya juga lunak. Kriteria tersebut lanjutnya membuatnya kesulitan mendatangkan dari kediri ayam – ayam tersebut. “Kalau harga tergantung ukuran, yang paling besar Rp 55 ribu,” terangnya.

Rudianto pengunjung yang datang ke warung Bu Setu menuturkan, ayam panggang Gandu memiliki cita rasa tersendiri. berbeda dengan ayam panggang yang pernah disantapnya. Rasanya cenderung manis dan gurih. “Rasanya khas manis dan empuk,” terangnya. (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: