Memihak Kepentingan Masyarakat

MAGETAN – Berdasarkan pendapat pengamat politik pedesaan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta Dr Arie Sudjito, PNPM Mandiri Perdesaan (MP)  merupakan eksperimen pembangunan yang memihak kepentingan rakyat. Program ini menurut dosen pascasarjana sosiologi UGM tersebut didesain guna mendorong pertisipasi masyarakat yang didepolitisasi sejak orde baru.

Setidaknya, kata pengamat itu, PNPM-MP mengajarkan masyarakat mengenai prinsip-prinsip kerjasama dan mereaktualisasikan musyawarah secara bertahap dan substansial dari bawah. Sehingga, PNPM-MP secara konseptual mampu menumbuhkan dinamika partisipasi masyarakat dan memperkuat kelembagaan sosial ditengah masyarakat. “Hal ini tidak terdapat dalam konsep pembangunan bersifat teknokratis dan birokratis,” kata Arie saat dialog interaktif di salah satu radio di Magetan, Selasa (3/1). Arie juga menjelaskan konsep perbandingan partisipatif di negara lain yang memiliki kelembagaan bersifat sektoral.

Permadi Bagus Darmawan, wakil Satker PNPM-MP menjelaskan, kelembagaan PNPM-MP perlu dilakukan dengan memperkuat orientasi, fungsi dari kerjasama lintas sektoral. “Sehingga bisa menjadi acuan pelaksanaan program PNPM-MP tersebut,” kata Parmadi. Tokoh pemuda sekaligus tokoh LSM di Magetan Joko Purnama juga menambahkan jika PNPM-MP memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program-program riil di lapangan. Namun, menurutnya PNPM-MP memiliki kelemahan yang masih berorientasi pada pembangunan fisik. “kelemahan itu lantaran program PNPM 60 persennya fisik. Dan itu adalah potret kesadaran politik masyarakat yang mindsetnya masih bercorak developmentalis. Dan itu akan berubah dengan sendirinya,” tukasnya. (nng/wka/ser/rif)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. DIAGNOSIS Untuk menegakkan diagnosis, perlu dilakukan pemeriksaan dengan berhubungan dengan dugaan kehamilan ganda, yaitu a.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: