Pelatihan Kader dengan Outbond

PLAOSAN-Kabut di kampoeng pinus kawasan Sarangan, Kecamatan Plaosan pagi kemarin (4/1) tampak pekat. Di balik hawa dingin itu, sekitar 20 ibu-ibu tengah asyik melakukan beberapa permainan di dalam hutan tersebut. Ternyata, itu merupakan kegiatan outbond ibu-ibu Fatayat Magetan. Sudah tiga hari, para kaum hawa itu membangun keakraban sesama anggota di balik hawa dingin tersebut.

Ya, ada cara unik dari kelompok ibu-ibu Fatayat Magetan itu untuk membangun keakraban. Organisasi yang identik dengan kegiatan dakwah dan rohani ini justru melakukan pelatihan kader dengan outbond di alam terbuka. “Sengaja kami ingin melakukan sesuatu di luar kegiatan rutin keagamaan atau dakwah. Apalagi outbond ini juga kami upayakan untuk menggali potensi anggota utamanya supaya berani menghadapi tantangan yang di aplikasikan dalam rintangan di outbond ini,” ujar Siti Nurhayati, ketua umum Fatayat Magetan, kemarin (4/1).

Selain upaya tersebut, lanjut Siti, kegiatan itu di maksudkan sebagai sarana refreshing dari kepadatan aktifitas anggota Fatayat. Apalagi mayoritas anggota Fatayat merupakan pegawai negeri, utamanya di Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama. “Sebenarnya masih banyak kegiatan Fatayat di luar kegiatan rohani. Dan itu sebagai wujud eksistensi kami di masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, beberapa kegiatan lain tersebut utamanya di bidang pendidikan, kesehatan serta ekonomi. Di bidang ekonomi misalnya, pihaknya mengaku jika Fatayat telah memiliki koperasi mandiri termasuk beberapa kelompok uasah lainnya.

Di Fatayat, perempuan memiliki beberapa peran dalam masyarakat. Untuk itu, dalam proses regenerasi dan keanggotaan di organisasi tersebut, anggota harus mendapat izin suami. Itu lantaran kegiatan Fatayat memang cukup padat. (nng/wka/bar)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: