E-KTP Tunggu Bujet

MAGETAN – Di saat daerah lain getol merealisasikan program kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP), di Magetan persiapannya terbilang minim. “Kalau di hitung-hitung biaya realisasi E-KTP itu mencapai Rp 2,4 miliar.  Magetan memang belum bisa merealisasikan E-KTP, Karena memang ada beberapa kendala,” Siswanto, kabid Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil (Dispendukcapil) Magetan, kemarin (2/1).

Kendala itu, kata Siswanto, adalah belum tersedianya peralatan pembuatan E-KTP. Pun belum tersedianya anggaran untuk mencukupi kebutuhan dokumen kependudukan itu. “Tapi kami targetkan bulan Maret 2012 nanti sudah mulai direalisasikan. Itu kalau kedua kendala tersebut bisa segera terselesaikan.” ungkapnya.

Pengadaan E-KTP, lanjut dia, setidaknya membutuhkan tiga unit server, cetak undangan dan sejumlah blanko, serta penambahan catu daya. Diakuinya bukan urusan mudah untuk meralisasikan program E-KTP di Magetam. Harus proses bertahap untuk bisa menyelesaikan program nasional itu.

“Yang jelas itu nanti prosesnya pasti bertahap. Karena dengan jumlah penduduk ratusan ribu, tentu banyak kendala yang dihadapi.Tapi kami optimistis, minimal Maret ini sudah mulai dijalankan,” kata Siswanto. Dari total 700.987 penduduk Magetan (data hingga November), jumlah wajib yang memiliki E-KTP sekitar 565 ribu jiwa. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: