Belum Sebulan Ambrol

MAGETAN – Pengendara yang melintas di Jalan Purubaya I Kawasan Kebaran, Kelurahan Tawanganom, Kecamatan Kota, kini harus ekstra hati-hati. Itu setelah takud di jalur tersebut ambrol. Ironsnya, proyek Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dari anggaran dana pembangunan percepatan infrastruktur daerah (DPPID) itu belum genap sebulan rampung di bangun.

Talud tersebut ambrol usai hujan deras mengguyur desa itu saat malam tahun baru.”panjang ambrolnya sepuluhan meter. Saya kira bangunan talud ini memang tidak kuat menahan peningkatan debit air. Jadi,wajar kalau ambrol,” kata Tomo, salah seorang warga setempat, kemarin (2/1).

Tomo mengaku waswas kalau ambrolnya talud itu merembet ke titik-titik yang lain.”Tentu kami hawatir, karena tidak menutup kemungkinan di titik lain bisa ambrollagi,’ ucapanya kepada koran ini.

Dari papan informasi diketahui pengerjaan proyek tersebut dianggarkan dari DPPID sebesar Rp98,69 juta. Dengan surat penunjukan langsung dernomer  027/A.8.9/13/403.107/PL/XI/2011. Masa pengerjaanya 25 November2011 hingga 24 dwsember 2011 lalu. Dalam hal itu, CV Tirta Buana bertindak selaku  kontraktor pelaksanaan dan CV Rudoh sebagai konsultan pengawas .

Kabid  jalan dan jembatan DPU Magetan Sutikno mengatakan,jebolnya talud tersebut murni di sebabkan bencana alam.” Debit air sangat besar. Akhirnya meresap melalui urugan hingga menembus talud dan mengakibatkan jebol ,” tuturnya.

Terkait faktor bencana alam , kata dia, pihaknya telah mengusulkan penambahan anggaran di tahun 2012 untuk sektor penanganan bencana. “Rencananya akan dtindaklanjuti dari dana bencana alam,” terangnya.(Wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: