Ratusan Guru Bakal Dimutasi

KOTA – Ratusan guru PNS yang mengajar di SMP, SMK/SMA di Kabupaten Magetan bakal kena rotasi. Ini berlaku bagi guru yang tidak memenuhi 24 jam mengajar perminggu. Bahkan, ada juga yang bakal didistribusikan menjadi guru di SD yang mengalami kekurangan guru. “Mereka yang belum memenuhi jam mengajarnya ada sekitar 100 orang. Dan akan di distribusikan ke SD,” kata Bambang Trianto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan, kemarin (1/1)

Bambang menuturkan, guru mata pelajaran bahasa indonesia, PKN, Matematika yang mengajar di sekolah menengah rentan  termutasi. Jumlah jam yang minim dan banyaknya guru di mata pelajaran tersebut membuat jam pelajarannya tidak terpenuhi. Idealnya guru mata pelajaran itu mengajar enam kelas dengan durasi empat jam pelajaran. “Saat ini di sejumlah sekolah SMP. SMA/SMK masih kelebihan dan itu akan diratakan,” terangnya.

Kebijakan itu diambil sesuai dengan peraturan pemerintah. Selain itu, adanya moratorium CPNS hingga 2013, membuat pihaknya harus bertindak cepat melakukan pemetaan, pendataan, dan pemerataan guru. Mengingat jumlah kebutuhan guru SD yang harus terisi sekitar 300 orang. “Tahun ini kami lakukan (rotasi), sambil menunggu tegasnya aturan,” tambahnya.

Ratusan guru hasil mutasi itu lanjutnya tidak langsung bisa mengajar. Mereka harus menjalani pendidikan dari universitas yang ditunjuk selama satu hingga dua semester. Ini dilakukan untuk menyamankan kompetensi. Karena mantan guru SMP, SMK/SMA nantinya menjadi guru kelas di SD. “Pelajaran SD itu lebih mudah, tapi butuh butuh ketelatenan,” ungkapnya.

Thoyib Riantono, ketua PGRI Magetan, dikonfirmasi mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan terkait rotasi guru SMP, SMA/SMK untuk mengajar di sekolah dasar. Ini demi kebaikan guru itu sendiri. Dengan dilakukan mutasi itu, guru yang belum memenuhi jam mengajar akan terpenuhi dan semakin dekat untuk mendapatkan sertifikasi. “Jangan merasa direndahkan dengan adanya distribusi guru ini, karena demi teman-teman juga.” (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: