Semangat Baru 2012 demi Pelayanan Pelanggan

PERTENGAHAN 2011, kami merasa perjalanan mulai berliku. Rencana besar perusahaan mulai teruji kelayakannya di masyarakat. Dan saya sadar itu konsekuensi cita-cita besar yang harus diimbangi dengan kerja keras. Berbeda dengan gelandangan yang mangkal di kolong jembatan; yang heran melihat orang sejak pagi sudah ngebut di jalanan, padahal gelandangan itu masih menikmati tidurnya. Hidup dengan cara itu ternyata masih bisa bertahan.

Selama kurun waktu itu pula, saya merasa pelayanan online payment terealisasi sangat cepat. Koyo dene Bandung-Bondowoso yang semalaman membuat seribu candi untuk mas kawin kepada Roro Jongrang. Betapa tidak, Januari digagas, Februari dikerjakan dan Maret di-launching. Tentu, itu tetap seiring dorongan memperjuangkan rasa keadilan atas tingkat hidup pelanggan melalui reklasifikasi golongan pelanggan domestik. Tahap pertama bulan Maret disurvei dan dikerjakan, bulan Mei diberlakukan. Tahap II bulan April survei, Juli diberlakukan. Dan tahap III Juni dikerjakan, Oktober rencana dilakukan.

Perjuangan rasa keadilan yang selisih nominal materinya tidak seberapa itu ternyata terus dikritisi masyarakat. Utamanya kalangan menengah ke atas yang mempunyai kekuatan membangun opini dan memengaruhi pengambilan keputusan, sehingga digagas untuk direvisi bersama konsultan PDAM dan konsultan DPRD. Sayang, belum selesai dikerjakan, keputusan pembatalan oleh bupati keburu turun.

Di akhir 2011 ini, masalah reklasifikasi golongan sudah lepas dari beban PDAM. Artinya, kami lebih fokus mengawal pekerjaan-pekerjaan fisik yang telah ditetapkan. Termasuk menanti hasil akhir pekerjaan dari DPID berupa pemasangan pipa-pipa transmisi lintas kecamatan. Disusul pekerjaan APBN di bawah pengelolaan satker PKPAM Dinas Cipta Karya Provinsi Jawa Timur. Dan itu tentunya harus segera dimanfaatkan guna menyuplai debit distribusi hingga pedesaan.

Dari pekerjaan selama 2011, hanya dua yang macet-cet. Itu lantaran permintaan kompensasi masyarakat yang tidak masuk akal dan tidak wajar. Seperti penggantian pipa distribusi O3” BTA Cepoko hingga Jalan Raya Panekan, warga minta kompensasi pengembalian rabatan Rp 50 ribu per meter. Sehingga total kompensasi Rp 33 juta dan nilai proyek hanya Rp 52 juta. Kedua adalah pekerjaan pemasangan pipa transmisi O6” BTA Terung Baru hingga BTA Sadon. Permintaan kompensasi pengambilan rabatan warga Terung lebih dahsyat lagi: Rp 100 per meter. Total kompensasinya mencapai Rp 80 juta, sedangkan nilai pekerjaan hanya Rp 200 juta.

Semua itu bukan lantaran PDAM medhit. PDAM senang saja bagi-bagi duit. Tetapi jika permintaan itu dipenuhi, kami yang dipenjara lantaran dipaksa melakukan mark up. Tapi ya itulah susahnya memperbaiki pelayanan masyarakat. Meski yang mempersulit masyarakat sendiri, yang egois tidak mau berbagi dengan warga masyarakat lain yang airnya terpaksa melewati wilayah desanya. Lantas, siapa sebenarnya yang memperjuangkan masyarakat miskin? Siapa yang keberpihakannya pada masyarakat hanya omong doang?

Tahun 2012 kami fokus menambah pelanggan dengan target 4.000 unit SR baru. Untuk mengatasi rawan air Magetan selatan, akan terealisasi pekerjaan pembangunan instalasi pengelolaan air (IPA) Gonggang kapasitas 50 liter per detik dan pipa transmisi sepanjang 20 kilometer untuk melayani Parang dan Lembeyan.

Yang akan membuat kami bangga, salah satu pekerjaan fisik PDAM, Januari awal sudah dimanfaatkan untuk melayani Desa Randugede serta Dukuh Dawung dan Dukuh Sobontoro di Desa Baleasri. Kebanggaan itu muncul karena topografi yang nylempit dan buntu, puluhan tahun daerah rawan air itu belum bisa menikmati pelayanan air bersih.

Selain itu, ada manajemen gress di 2012 terkait akuntansi. Kami akan menggunakan akuntansi SAK-ETAP. Jika tidak diberlakukan, maka general audit-nya akan di punish disclaimmer, yakni audit yang biasa dilakukan oleh BPKP. Maka dengan aturan baru ini, kami akan dibantu Konsultan Akuntan Publik (KAP). Tentu itu tidak mudah. Tapi kami optimistis mampu. Dan semua demi pelayanan terhadap masyarakat Magetan. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: