Kejaksaan Cium Aroma Penyimpangan

SEMENTARA, Temuan LSM Magetan Center terhadap beberapa proyek cukup gede di Magetan yang tak berpalang informasi, mengundang perhatian pihak kejaksaan negeri (Kejari) setempat. Lembaga penegak hukum itu pun mencium aroma penyimpangan dalam pengerjaan proyek yang tak dilengkapi papan info nilai proyek dan penggarapnya tersebut.

Kasi Intellijen Kejari Magetan Wahyudi mengatakan, pengerjaan proyek yang disebut-sebut sebagai proyek bodong tersebut memang cukup mencolok dari kacamata hukum. Pasalnya, aturan yang ada jelas menyebutkan jika papan informasi wajib dipasang di lokasi proyek. “Meski kami mengindikasikan ada unsur penyimpangan karena informasi tidak di beber ke publik, tapi kami cukup terkendala bukti formil yang ada,” Kata Wahyudi kemarin (29/12).

Yang terang lanjut dia, saat ini pihaknya tengah berupaya membidik potensi pelanggaran hukum, utamanya pidana khusus di sejumlah titik proyek di Magetan. Wahyudi mengatakan pihaknya akan koordinasi dengan Bakebangpolinmas setempat untuk memantau pergerakkan rekanan penggarap proyek-proyek tersebut.

“Untuk bisa membidik kesalahan orang atau lembaga itu kan butuh bukti kuat.Tapi yang jelas untuk permasalahan proyek bodong itu saya melihat memang ada pelanggaran didalamnya,” tegasnya.

Namun,ironisnya,pembangunan pagar depan kantor kejari yang saat ini dalam pengerjaan juga tidak dilengkapi pula dengan papan informasi. Kondisi itu kontras dengan proyek renovasi skala kecil yang persis berada di samping kantor kejari.”Itu (papan informasi,Red) sudah ada. Rekanannya saja yang teledor. Pastinya akan kami ingatkan. Karena itu menyangkut keterbukaan informasi publik,” tegasnya.

Soal proyek pagar gedung kejari yang tanpa papan informasi, Direktur pelaksana LSM Magetan Center Benny Ardi melontarkan kritik pedas. “Itu jelas-jelas pelanggaran hukum di depan mata penegak hukum. Ini justru penegak hukum yang punya gawe malah kecolongan,” katanya. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: