Selesaikan Program Tepat Waktu

MAGETAN- Peningkatan kualitas program serta kelembagaan PNPM Mandiri Pedesaan (MP) di Magetan diklaim sebagai kunci keberhasilan pembangunan secara partisipatif. Apalagi, program tersebut telah berjalan selama delapan tahun. “Masyarakat juga memiliki antusiasme tinggi untuk terlibat dalam berbagai tahapan pembangunan. Sehingga sama-sama memiliki rasa melu handarbeni terhadap kegiatan yang berdampak positif ini,” kata Admaji, penanggung jawab operasional kabupaten (PjoK) PNPM-MP Magetan, kemarin (28/12)

Menurutnya, selama 2011, PNPM-MP berhasil menyelesaikan target realisasi kegiatan program sepenuhnya dikelola oleh masyarakat dan menjadi milik masyarakat. Sehingga dari beberapa upaya tersebut, PNPM-MP seolah memiliki rangkaian succes story yang dapat dijadikan contoh bagi program-program pembangunan lintas sektoral.

Kisah sukses tersebut, lanjut dia utamanya adalah adanya peningkatan partisipasi wanita dalam usaha ekonomi produktif serta simpan pinjam kelompok. “Kami (PNPM-MP, Red) juga menjadi media belajar bagi masyarakat dalam mengelola kegiatan pembangunan berbasis kebutuhan objektif,” terangnya usai rakor evaluasi pelaksanaan PNPM-MP di gedung Dekopinda Magetan, kemarin.

Ya, adanya beberapa langkah tersebut terungkap dalam rakor yang digelar sekretariat kabupaten PNPM-MP. Bapermas dan Pemdes tersebut. Dalam kegiatan tersebut , diikuti 115 peserta dari unsur pelaku PNPM-MP. Yakni UPK, BP-UPK, BKAD serta PJo Kecamatan yang menjdai wilayah pelaksanaan program. (nng/wka/ser)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: