Tahun 2011, Puluhan Prestasi Berhasil Disabet

DALAM medio 2011, setidaknya sudah ada 33 penghargaan tingkat provinsi yang berhasil direbut Magetan. Jumlah tersebut ditambah dengan 12 penghargaan tingkat nasional. Menurut Bupati Sumantri, tentu itu bukan keberhasilan yang semata-mata diraihnya. Tetapi lebih kepada keberhasilan masyarakat Magetan yang mampu bersinergi dalam berbagai hal.

Seperti pada bidang ketahanan pangan. Magetan berhasil mendedikasikan sebagai daerah dengan tingkat ketahanan pangan tersukses. Dari keberhasilan itu, Magetan diganjar dengan penghargaan Adhi Karya Pangan Nusantara oleh Presiden SBY. ‘’Dari program DITATA INDAH itulah, kami mencoba menekankan sektor pertanian. Dan syukur, dengan upaya bersama masyarakat, ketahanan pangan kami dinilai paling berhasil se-Indonesia,’’ kata Bupati Magetan Sumantri.

Selain itu, di bidang kesehatan, tak tanggung-tanggung, dua penghargaan dari kementerian kesehatan juga berhasil diboyong ke Magetan. Yakni Swasti Saba Padapa dan Manggala Bhakti Husada. ‘’Untuk kesehatan, ini memang target kami sedari awal. Dan untuk tahun 2012, kami tetap berupaya merebut penghargaan tersebut dengan tingkatan yang lebih tinggi,’’ ungkapnya.

Selain itu, beberapa masyarakat Magetan juga berhasil membuktikan diri sebagai yang terbaik se-Indonesia. Seperti adanya penghargaan Srikandi Award yang direbut bidan Desa Duwet, Kecamatan Bendo Sri Partiyah, serta beberapa medali yang direbut pesilat ­­Magetan dalam Sirkuit Nasional. Selain itu, Magetan juga pernah merebut penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam pembentukan pembina pramuka terbanyak.

Dari semua keberhasilan itu, Sumantri mengaku menyadari jika kesan pembangunan di Magetan belum menunjukkan tanda-tanda meningkat. Apalagi, stigma pembangunan yang melekat pada masyarakat ditandai dengan adanya pembangunan jalan, gedung, jembatan dan bangunan fisik lainnya. ‘’Tentu kami tidak akan mengesampingkan hal itu. Tetapi itu semua bertahap. Karena selain pembangunan sektor fisik, sektor nonfisik juga sangat penting dalam kaitannya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ tukas Sumantri. (wka/bar/adv)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: