Polisi Awasi Objek Vital

Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

MAGETAN – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Polisi meningkatkan pengamanan sejumlah objek vital seperti gereja dan lokasi wisata. kemarin (23/12), personel satsabhara Polres Magetan mulai menyisir beberapa gereja di Magetan.

“Kami tidak ingin main-main dalam proses pengamanan ini. Meski belum tampak ada ancaman keamanan., tapi kami siaga penuh untuk memperlancar jalannya hari besar umat Kristiani ini,” kata Kasat Sabhara AKP Supriyono mendampingi Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa.

Menurutnya, sebanyak 81 gereja di Magetan menjadi titik pantauan petugas sejak kemarin hingga sepuluh hari ke depan. “Kami lakukan penyisiran penuh di setiap gereja, setelah itu kami serahkan pengamanannya kepada polisi kehormatan yang belum lama ini dilantik. Tapi teknisnya tetap kami dampingi pengamanannya,” ungkap Supriyono ditemui usai penyisiran Gereja Katolik Regina Pacis.

Dia menuturkan, pengamanan di kota dengan konsentrasi beberapa gereja besar, pihaknya menurunkan pasukan sebanyak satu peleton patmor dan satu peleton damnas. Masing-masing peleton terdiri 30 orang personel. Sedangkan di kawasan kecamatan, pihaknya koordinasi pengamanan dengan polsek setempat.

Pengamanan ketat juga di lakukan di sekitar Telaga Sarangan. Di lokasi ikon Magetan itu, polres menyiagakan sekitar dua peleton personel atau sekitar 60 petugas. Mereka akan disebar di beberapa titik seperti pintu masuk atau kawasan pemungutan retribusi dan dibeberapa ruas jalan perbatasan.

Sementara itu, menjelang perayaan Natal, sejumlah gereja tengah melakukan persiapan misa. Gereja Katolik Regina Pacis, misalnya, sejumlah properti di kebut untuk di selesaikan. “Untuk kesiapan kami bedakan dua hal. Yakni, internal dengan penjagaan dari anggota kami dan eksternal menyangkut keamanan sekitar gereja,”¬† kata Agustinus Sugiyanto, pastor Kepala Gereja Katolik Regina Pacis.

Menurutnya, puncak Perayaan Natal di Gereja dengan daya tampung lebih dari 1.000 jemaat itu di gelar malam ini (24/12) mulai pukul 19.00. “Untuk jemaat Magetan tidak banyak, mungkin sekitar 400. Sedangkan jemaat dari luar kota kemungkinan mencapai 600-an orang. Sejauh ini persiapannya sudah cukup matang,” kata Agustinus. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: