Diare Makin Mengganas

Puluhan Jalani Rawat Inap di Puskesmas

MAGETAN – Diare makin mengganas di Magetan. Pun, wabah penyakit ini menyebabkan pasien di sejumlah layanan medis membeludak. Di Puskesmas Panekan, misalnya, penderita yang menjalani rawat inap terus bertambah. Hingga siang kemarin (20/12), pasien sudah mencapai lebih dari 50 orang. Angka tersebut melonjak cukup tinggi dibandingkan awal Desember lalu.

Pantauan Koran ini, 14 ranjang yang ada di Puskesmas Panekan, seluruhnya terisi oleh pasien diare. “Semuanya pasien diare. Untuk diare memang cukup melonjak (jumlah penderita, Red). Selain di rawat inap disini, tak sedikit pula yang harus menjalani rawat jalan,” kata Sri Suhartini, koordinator perawat di ruang rawat inap Puskesmas Panekan.

Menurutnya, pasien diare di Puskesmas Panekan datang silih berganti. “Pekan-pekan ini pasien diare memang cukup banyak. Begitu ada pasien yang pulang,langsung ada pasien diare lainnya yang masuk,” ungkap Sri.

kepala Puskesmas Panekan dr Nurhayati Triasih juga membenarkan adanya lonjakan pasien diare di puskesmasnya. Dia menuturkan, rentang usia penderita diare cukup merata, mulai balita hingga dewasa. “Pasien yang dirawat inap itu paling cepat bisa pulang setelah dua hari dan maksimal empat hari. Tapi syukur, tak ada pasien yang sampai meninggal dunia,” terang nurhayati.

Ditambahnkannya, melonjaknya pasien diare kali ini disinyalir lantaran faktor pancaroba yang di tandai cuaca tak menentu antara hujan dan panas. Selain itu, faktor kebersihan diri. “Utamanya kebiasaan mencuci tangan sebelum makan itu masih sangat minim. Padahal hal itu merupakan salah satu penyebab diare,” ungkapnya.

Karena itu, Nurhayati mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, lokasi utama penyebaran virus penyebab diare adalah lingkungan yang kotor. “Kesadaran hidup bersih dan sehat harus dibangun secara kolektif. Mereka yang telah hidup bersih bukan jaminan tetap sehat jika berada di lingkungan yang kotor,” ujarnya. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: