Dishubkominfo Emoh Disalahkan

Rambu Kurang Terlihat, Pelanggaran Marak

MAGETAN – Rambu lalu lintas disejumlah titik seolah sekadar jadi pajangan. Pasalnya, banyak pengguna jalan yang tak menggubrisnya. Di sisi lain, rambu kurang terlihat mencolok karena pemasangannya tidak pas, seperti terlalu tinggi atau tertutup dedaunan pohon.

Di ruas jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan kota, misalnya banyaknya. Banyak pengendara yang seenaknya berhenti di pinggir jalan dekat Pasar Sayur itu. Padahal, jelas-jelas ada rambu larangan berhenti. Celakanya, rambu terpasang cukup tinggi sehingga kurang terlihat.

M Agung Samirono, sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dihubkominfo) Magetan mengatakan, pihaknya sebatas pembuat rekayasa lalu lintas. Tidak menyentuh penegakan hukum. “Kami prinsipnya mengganti beberapa rambu yang mulai usang. Dan titik-titiknya juga sama,” kata Agung, kemarin (16/12).

Untuk beberapa rambu yang tertutup dedaunan pohon, pihak Dishubkominfo juga terkesan emoh di salahkan. “Kalau ada yang sampai menutup rambu akibat pohon, tentu itu tanggungjawab leading sector terkait,” kilahnya.

Sementara, terkait pelanggaran rambu tersebut Kasatlantas Magetan AKP Dadang Kurnia menegaskan pihaknya sudah melakukan penertiban.

“Seperti di depan RSUD dr Sayidiman, kami sempat mengimbau pedagang untuk pindah. karena dengan menggelar dagangan di situ, berpotensi mengundang pembeli melanggar aturan,” tetas Dadang.

Yang terang, lanjut dia, jika ditemukan pelanggaran pihaknya tak segan-segan menindak. “Semua pelanggan tetap salah. Dan saya sudah tegaskan ke anggota untuk intensif melakukan penegakan hukum. Karena semua itu berpotensi menimbulkan kemancetan,” ujarnya. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: