Langgar PP, Buang Limbah Kulit ke TPA

MAGETAN – Limbah penyamaran kulit yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Magetan menuai sorotan kalangan LSM. Direktur LSM Magetan Center Beny Ardy mengaku mendapat banyak pengaduan warga. “Kami menemukan ada unsur limbah bahan berbahaya dan beracun atau B3dikawasan itu. Ini merupakan bentuk pelanggaran,” Kata Beni, kemarin (15/12).

Dia lantas mengutip ketentuan PP Nomor 18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah B3 yang dilarang dicampur dengan sampah biasa. Sebab, limbah B3 dapat mencemarkan dan merusak lingkungan hidup, termasuk kelangsungan hidup manusia. Beni meyakini proses industrialisasi penyamakan kulit menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. “Sampah biasa itu tidak dapat dicampur dengan limbah berbahaya. Meski dipisahkan tapi tetap berada dalam satu lokasi, ini menandakan lemahnya proses pengolahan limbah penyamakan kulit,” geramnya.

Beni berharap industri penyamakan kulit yang menjadi produk unggulan Magetan tidak merusak lingkungan dan mengancam keselamatan jiwa penduduk. Karena itu, pemkab sudah selayaknya turun tangan menanggulangi bahaya limbah B3 yang di buang sembarangan ke TPA di Dusun Waru Desa Milangsari, Panekan itu.

Pembuangan limbah kulit di kawasan TPA tersebut juga mengundang reaksi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Magetan. Kabid Kebersihan DPU Mirin mengkhawatirkan keberadaan sampah kulit di TPA seluas 2,5 hektare itu.

“Kalau memang ikut terbakar, itu tentu sangat fatal dan berbahaya. Sebenarnya kami sudah mencoba mencari terobosan dengan pihak terkait, tapi sepertinya juga bukan hal mudah untuk mengatasi masalah ini,” ujar Mirin. (wka/hw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: