Ganti Tagih Komitmen Rekanan

DPU Soal Proyek DPID dan DPPID

MAGETAN – Usai di panggil Komisi IV DPRD, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kini ganti menekan sejumlah rekanan proyek dari DPID maupun DPPID yang dinilai amburadul. Siang kemarin (14/12), mereka didudukkan dan dimintai komitmennya. “Dengan berbagai sorotan dan sidak tersebut, seharusnya anda juga turut bertanggung jawab. Untuk itu, dengan sisa waktu yang mepet, seluruh proyek harus bisa diselesaikan sesuai rencana,” tegas Kabid Jalan dan Jembatan DPU Magetan Sutikno.

Menurut Sutikno, dari total 87 titik proyek, ada sekitar sepuluh yang dinilai masih diragukan bisa selesai tepat waktu. Padahal, deadline yang ditentukan adalah 24 Desember atau kurang dari dua pekan.

“Memang ada kendala yang mengakibatkan sejumlah proyek tersebut terkesan molor. Tapi kami masih optimistis seluruhnya bisa diselesaikan tepat waktu,” terangnya.

Dari jumlah tersebut, lanjut Sutikno, proyek yang paling parah adalah pengerjaan saluran air Tebon-Batur. Dia menuding, perencanaan teknis dari CV Makmur Abadi semrawut. Pasalnya, dari total volume cincin gorong-gorong yang diajukan seluas 143,4 meter persegi, kenyataan dilapangan mencapai 525 meter persegi.

Pun, pihak DPU sudah mengalokasikan anggaran Rp 317,9 juta. “Tapi pengerjaannya mencapai separo atau sekitar 262,5 meter persegi. Artinya memang sudah dilakukan pengerjaan tambah kurang. Kalau ada yang protes itu masih kurang, justru rekanan sudah kami tekan untuk menyempurnakannya,” tegasnya.

Beberapa proyek yang ditengarai masih belum mencapai 60 persen adalah pelebaran jalan di Maospati-Karangsono, di Desa Sempol, Sukomoro-Kentangan, kawasan Ki Hajar Dewantoro, serta jalur Ngariboyo-Parang. “Secara umum kendala adalah mimimnya alat berat. Jadinya harus gantian penggunaannya. Tapi kami tetap optimistis seluruhnya rampung tepat waktu,” tegasnya.

Kepala DPU Magetan Bambang Setiawan sebelumnya menyatakan pihaknya siap memberikan sanksi kepada rekanan yang pengerjaan proyeknya molor. “Tetap kami sanksi sesuai aturan yang ada apabila melebih deadline yang kami tetapkan,” tegas Bambang.(wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: