Sehari Suplai 50 Liter Air Perjiwa

Bendungan Gonggang di Kecamatan Poncol

MAGETAN- Bendungan Gonggang di Kecamatan Poncol diproyeksikan mampu menyuplai 50 liter air perjiwa setiap hari. Pasokan sebesar itu juga diharapkan mampu mengingkatkan intensitas tanam petani dan melancarkan irigasi persawahan.

“tentunya semua itu diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani, sekaligus sarana pariwisata dan pengendalian banjir,” Kata Hari Suprayogi, kepala Balai Basar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Hari mengungkapkan hal itu di sela seremoni penutupan saluran pengelak megaproyek dengan bujet Rp 125 miliar itu, kemarin (9/12). Tampak hadir pula Bupati Sumantri, beberapa Lurah di Kecamatan Poncol, serta perwakilan dari kementrian PU.

Bendungan Gonggang lanjut Hari, akan memiliki panjang 241 meter dan volume 945 ribu liter kubik dengan total volume tampung sekitar 2,2 juta meter kubik,” Apresiasi dari Pemkab Magetan sendiri juga cukup membantu dalam realisasi bendungan ini,” Ujarnya.

Sementara, Bupati Sumantri menyatakan megaproyek itu merupakan gagasan awalnya bersama sejumlah pelopor bendungan lima tahun silam. “Tujuan nya social, untuk pertanian atau pengairan lahan. Tapi yang utamanya mencukupi kebutuhan air saat kemarau,” Kata Sumantri.

Dia menuturkan, upaya selanjutnya adalah pembuatan jaringan-jaringan irigasi dan air bersih. Hannya, realisasinya saat ini masih terganjal anggaran. “Kami tidak bisa lnagsung membangun semua itu. Jer basuki mawa bea. Apalagi, ini merupakan proyek APBN dan pemkab hanya mampu membantu dalam proses pembebasan lahannya saja,” tegas Sumantri. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: