Jurang Tugel Tak Ada Alarm

Warga Masih Dihantui Banjir

MAGETAN – Warga di Desa Ngelang, Kecamatan Kartoharjo masih dihantui datangnya bencana banjir. Pasalnya, Jembatan jurang Tugel di desa ini tidak dilengkapi alarm peringatan dini datangnya bencana banjir yang biasa terpasang di dekat sungai.”Di sini, jika musim penghujan pasti banjir. Dan warga waswas karena di jembatan Jurang Tugel tidak ada alarm seperti di sungai yang ada di Kwadungan Ngawi, ” kata Yatinem, warga setempat, kemarin (4/12).

Di tahun 2010 lalu, menurutnya tiga kali banjir besar menerjang desanya. Banjir terparah saat air bah itu masuk kerumahnya hingga setinggi betis orang dewasa. Gabah dan beras yang tersimpan di ruang penyimpanan tidak bisa di selamatkan. karena air keburu masuk kerumahnya sebelum dia berhasil menyelamatkan barang berharganya.

Selama ini, jika banjir datang, sejumlah orang berinisiatif membangunkan warga yang terlelap dengan menggunakan kentongan. Ini karena di lokasi itu belum ada alat yang canggih untuk memperingatkan adanya bahaya banjir.

Saniyem warga lain mengatakan, meski hanya terdapat satu sungai yang melintas desanya, namun jika hujan deras, sungai itu selalu meluap. Karena sungai tersebut bermuara di bengawan. Ditambah lagi kiriman dari sungi Simo yang membuat debit air cepat meninggi. “Banjirnya datangnya tiba-tiba, kadang malam, kadang pagi. Yang jelas kerugiannya banyak,” tambahnya.

Hektaran sawah yang ada di sepanjang aliran sungai itu, lanjunya, juga tak luput dari terjangan banjir. Dan hal ini membuat tanaman padi mereka cepat membusuk.

Di sisi lain, Ngainem, warga Karangmojo Kartoharjo juga merasakan hal yang sama. Dia menyebutkan juga dihantui banjir. Ini lanjutnya jika hujannya menguyur deras dia membuat  sungai di desanya itu meluap. Dia berharap Balai Besar Wilayah Bengawan Solo (BBWS) segera memasang alarm peringatan dini datangnya banjir atau Early Warning System (EWS). sehingga warga tida merugi setiap tahun. ” Sungai ini menuju ke Kwadungan Ngawi, harusnya juga pakai alat peringatan (alarm banjir),” pungkasnya. (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: