Temprina Ajukan Sanggah Banding

MAGETAN – Panitia dan pemenang lelang pengadaan buku perpustakaan SD/SDLB tahun 2011 belum bisa bernafas lega. Pasalnya, PT Temprina Media Grafika mengajukan sanggahan banding, setelah surat sanggahan ditolak oleh Pokja III Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Magetan.
Sanggah banding sebanyak tiga lembar tersebut diajukan karena Temprina menilai proses pengadaan proyek senilai Rp 9,3 miliar itu catat hukum. Mohon pengumuman pemenang lelang pengadaan buku SD/SDLB dibatalkan karena cacat hukum, kata Direktur PT Temprina Media Grafika Misbahul Huda, dalam sanggahan banding yang dikirim ke Pokja III ULP, Senin (28/11) lalu.
Sanggahan banding Temprina ini lebih spesifik. Yakni, mempertanyakan langkah tim teknis dan pejabat pembuat kebijakan (PPK), terkait dasar melakukan penghitungan atau penyusunan harga perkiraan sendiri (HPS). Kami minta panitia memberikan bukti berita acara dari tim teknis dan PKK dalam pembuatan dokumen pengadaan tersebut, terang Misbahul dalam surat sanggahan bandingnya.
Dalam proyek pengadaan ini, ada empat rekanan yang dinilai memenuhi syarat. Yakni, PT Temprina Media Grafika dengan penawaran Rp 8,4 miliar dari pagu. Lalu, CV Surya Inti Semesta Rp 8,7 miliar, CV Budi Karya Mandiri Rp 8,8 miliar, dan CV Eka Jaya Rp 8,9 miliar. Sedangkan pemenangnya adalah CV Budi Karya Mandiri Rp 8,8 miliar.
Temprina juga mempertanyakan apakah buku contoh calon pemenang sudah dilakukan klarifikasi. Menurut pihak Temprina, dalam RKS bab XII, spesifikasi teknis dan gambar tersebut disebutkan jika susunan buku harus lengkap. Ini meliputi halaman pendahulu, halaman isi, halaman penyadah, daftar pustaka, dan glossary. Memang ada pengecualian dari ketentuan tersebut. Tapi ini untuk buku fiksi, muatan lokal dan pengembangan diri.
Pihak Temprina juga mengatakan bahwa saat klarifikasi dokumen pada 4 November lalu membawa contoh buku. Akan tetapi, versi Temprina, tidak dilakukan pemeriksaan secara fisik. Sehingga, muncul pertanyaan dugaan rekayasa untuk membuat keputusan memenangkan salah satu rekanan.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Magetan Bambang Trianto, mengaku belum mengetahui langkah sanggah banding yang dilakukan Temprina terhadap proyek pengadaan buku perpustakaan SD/SDLB tahun 2011 senilai Rp 9,3 miliar itu.
Coba saya tanyakan ke panitia lelang di ULP. Yang jelas, kami hanya pengguna anggaran. Tentang teknis pelelangan ada di ULP. Namun demikian, ULP sudah pasti akan bekerja sesuai dengan aturan yang ada, ujar Bambang. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: