Pesimistis Diterapkan Serentak

MAGETAN – Upah minimum kabupaten (UMK) Magetan 2012 naik dari Rp 705 ribu menjadi Rp 750 ribu. Sayangnya, diprediksi tak banyak kaum buruh yang bakal menikmati kenaikan itu. Pasalnya, hanya sedikit pengusaha setempat yang mampu mengupah pekerjanya dengan nominal sesuai ketentuan UMK.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Magetan H Parni Hadi pesimistis kenaikan UMK bisa dilaksanakan secara serentak oleh seluruh pengusaha di Magetan. Yang bisa melakukan itu baru dua pabrik gula, pabrik playwood, dan pabrik jeli. Kalau ditotal jumlah pegawainya 2.500-an orang, ujarnya kemarin (30/11).
Bagaimana dengan pertokoan skala sedang atau usaha retail lainnya? Menurut Parni, tak mudah untuk bisa memberikan upah hingga Rp 750 ribu. Sejauh pantauan kami, retail atau bidang usaha yang memenuhi standar memang minim. Yakni standar harus mempekerjakan orang di atas sepuluh dan gaji minimal Rp 1 juta, terangnya.
Parni menambahkan, besaran UMK yang baru ditetapkan berdasar indikator peningkatan inflasi dan tuntutan kebutuhan hidup layak. Artinya harga di pasaran sudah mulai mengalami kenaikan. Memang cukup alot awalnya untuk menentukan nilai tersebut. Tapi akhirnya bisa disepakati bersama antara kami dengan berbagai elemen. Termasuk buruh dan organisasi pengusaha, terang Parni.
Sementara, kalangan pengusaha menilai nominal UMK yang baru sangat tinggi jika diwujudkan dalam bentuk fresh money. Mungkin bisa diaplikasikan dalam hal lain. Makan siang misalnya, terang Andrianto, owner salah satu pusat perbelanjaan busana di Magetan.
Menurut dia, dengan total 75 karyawan yang dipimpinnya, merealisasikan angka Rp 750 ribu per bulan bukan urusan mudah. Tapi prinsipnya kami berupaya untuk bisa mencapai pengupahan dengan nilai setara UMK. Meski itu harus melalui proses, mengingat jumlah karyawan kami juga cukup banyak, ujar Andrianto. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: