Proyek Terancam Tidak Selesai

Akibat Pengesahan PAK Belum Tuntas

MAGETAN – Dampak molornya pengesahan perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2011 mulai terasa. Setidaknya berimbas pada sejumlah proyek fisik. Bahkan, anggota komisi D DPRD setempat pesimistis sejumlah proyek yang di garap Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya bakal terserap maksimal. Ini mengingat sisa waktu yang tinggal satu bulan. “Dengan molornya PAK pekerjaan fisik tidak akan selesai seratus persen,” kata Suwarno, salah seorang anggota komisi D, kemarin (27/11).

Dijelaskan, waktu ideal untuk mengesahkan PAK 2011 oleh Gubernur Jatim seharusnya September lalu sudah selesai. Namun, PAK Magetan baru akhir November di setujui oleh gubernur. Molornya waktu dua bulan itu membuat sejumlah proyek yang bersumber dari PAK, terancam tidak selesai dan kualitas bangunannya dipertanyakan.

Banyaknya proyek yang bersumber pada PAK, lanjutnya, membuat pihaknya bekerja ekstra keras untuk mengawasinya. Apalagi banyak proyek di DPU yang merupakan proyek penunjukan langsung (PL). Dan jumlahnya mencapai seratus proyek lebih dari total proyek sekitar Rp 24 miliar. Dari Rp 24 miliar tersebut, lanjut Suwarno, Rp 9 miliar diantaranya bersumber dari Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID). “Banyaknya proyek yang di-PL-kan, saya tidak tahu. Tanya saja ke kepala dinas PU,” terangnya.

Suwarno juga mengingatkan dengan siksa waktu yang ada, sangat memungkinkan rekanan berbuat curang. Yakni dengan mengurangi mutu dan kualitas pengerjaan. Namun, itu akan diantisipasi dengan dilakukan nya sidak kesejumlah proyek yang sengaja di-PL-kan dinas PU tersebut. “minggu depan kami akan sidak ke lokasi proyek itu (proyek PL, Red),” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas PU dan BMCK, Bambang Setiawan belum bisa dikonfirmasi koran ini. Begitu juga dengan kabag humas.(pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: