Pendapatan Pengepul Kulit Kambing Turun

MAGETAN – Momen Idhul Adha membawa berkah bagi sejumlah pengepul kulit kambing dan sapi di Magetan. Seperti Sairen, warga RT 3/RW 2 Desa Campursari, Kecamatan Sidorejo Magetan yang telah belasan tahun menjadi pengepul kulit hewan kurban. Namun, dua tahun ini dia mengaku sepi. “Dua tahun ini banyak yang kurban sapi, jadi pendapatan untuk kulit kambing menurun,”kata Sairen di rumahnya, kemarin (6/11).

Sairen menuturkan, Idhul Adha tahun lalu dia mendapat sekitar 100 lembar kulit kambing. Namun tahun ini hanya sekitar 60 lembar. Disebutkan harga kulit kambing perlembarnya tidak sama tergantung kualitas dan cacat tidaknya kulit kurban itu.

Selain itu, jenis kambing juga mempengaruhi. Misalnya harga kulit kambing gibas dibanding kambing jawa lebih mahal kulit kambing gibas atau domba, yang berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu perekornya. Sedangkan harga kulit kambing jawa sekitar Rp 15 ribu tergantung ukurannya. “Meski agak sepi tapi lumayan masih dapat untung,”tambahnya.

Sedangkan harga kulit sapi setiap lembarnya mencapai Rp 200 ribu. Harga tersebut bisa berkurang tergantung ukuran dan kualitas kulit.

Setiap harinya dia hanya mendapat kulit kambing sekitar 10 ekor. Kulit kambing itu didapatkan dipasar dan jagal kambing.”Untuk kulit sapi ngitungnya borongan,”terangnya.

Menurutnya kulit-kulit itu sebelum disetorkan ke pengepul yang ada di Pagotan, Geger, Madiun, harus melalui beberapa proses. Yakni kulit hewan kurban harus dilumuri garam. Itu dilakukan untuk menghindari bau busuk dan tumbuhnya belatung di bekas daging yang menempel dikulit hewan kurban itu.”Kalau dikasih garam kuat sampai satu minggu dan tidak busuk,”tambahnya.

Dia menuturkan, di tengkulak satu ekor kulit kambing kualitas paling bagus dihargai sekitar Rp 40 ribu, sedangkan kulit sapi dihargai perkilonya Rp 10 ribu rupiah.

Dia mengaku kesulitan mendapat stok kulit sapi. Kesulitan itu didasarkan selain keterbatasan modal juga disebabkan karena banyaknya teman seprofesi yang sudah jauh-jauh hari memesan ke panitia kurban.”Ada yang sudah kasih downpaymen (DP), tapi saya tidak punya banyak modal,”terangnya. (pra/eba)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: