Diturunkan Paksa

Magetan – Aksi Satpol PP Magetan ‘bersih-bersih’ papan reklame bermasalah terus berlanjut. Setelah sebelumnya beberapa baliho instansi plat merah dipreteli, kemarin (3/11) giliran milik swasta yang diturunkan paksa. Salah satunya  neon box dan papan nama milik sebuah swalayan di jalan panglima Sudirma Magetan.

Menurut Tatang, Kasi pelayanan Perizinan dan Jasa Usaha, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Magetan, papan nama swalayan sepanjang 10 meter terpaksa dibongkar lantaran  izinnya sudah kadaluwarsa.

“Sebelum izinnya berakhir, jauh-jauh hari kami sudah ingatkan. Bahkan, Ketika tenggat waktunya lewat,kami juga sudah mengingatkan.Tetapi sampai sekarang belum dilunasi retribusinya, akhirnya kami turunkan paksa,” ujar Tatang.

Diakuinya,secara hitungan rupiah, nominal yang bisa diraup dari retribusi pemasangan papan nama itu tidak terlampau besar.”Tapi karena tidak ada tanggapan atas pemberitahuan kami, ya terpaksa kami bongkar. Ini sekaligus sebagai pembelajaran bagi pihak-pihak swasta lainnya kalau kewajiban membayar retribusi tidak terpenuhi,kami akan bertindak tegas,”ujarnya.

Rencananya, di Magetan sendiri pihaknya sudah bersiap untuk menurunkan beberapa papan reklame sejenis yang menancap di depan pertokoan. Namuin, upaya penurunan paksa akan di lakukannya secara bertahap.

Di sisi lain, Kasi Keamanan dari Ketertiban Satpol PP Magetan Winoto mengaku jika upaya penurunan paksa itu sebagai hasil koordinasi pihaknya dengan KPPT setempat. “Kami mendapat arahan kalau papan nama ini bodong, akhirnya kami mengeksekusinya,” tutur Winoto.

Di sisi lain, proses penurunan papan nama yang di sangga pipa besi sepanjang sepuluh meter itu cukup sulit. Petugas harus mengusung alat las untuk memotong kaki-kaki papan besi yang menancap di tanah itu. “Papan besi ini akan kami bawa ke kantor untuk di amankan sebagai barang bukti,” katanya. (wka/isd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: